Renungan Pendek tentang Etika

Posted on Updated on

Mereka menjadikan kejujuran, kebersihan, keterbukaan dan integritas menjadi modal yang pertama-tama.

Tiba-tiba sore ini membaca sebuah tulisan pendek mengenai bagaimana dulu Adam Air mengalami kejatuhan dalam bisnisnya. Tapi bukan itu yang menarik, melainkan di bagian akhir tulisan yang entah ditulis oleh siapa, ada 3 alinea pesan yang juga dihubungkan dengan konsep etika yang dikemukakan oleh Maxwell (1982).
Pesan –atau lebih tepat bagi saya adalah sebuah nasihat– itu mengatakan bahwa, apapun bisnis yang kita tekuni, ingatlah selalu bahwa usaha yang langgeng adalah usaha yang berpondasi dan berdiri di atas nilai-nilai etika.  Berbagai studi menemukan bahwa, perusahaan-perusahaan yang tumbuh menjadi besar bukanlah perusahaan yang diawali oleh manajer-manajer hebat yang bergaji mahal atau dibangun oleh pendiri yang kaya raya dengan modal yang tak terhingga.  Juga bukan semangat kewirausahaan yang dahsyat dengan keberanian yang menggelegar. Juga bukan karena kecerdasan para pendirinya.

Hasil studi itu menemukan bahwa, perusahaan yang tumbuh menjadi besar justeru usaha yang dimulai oleh orang-orang biasa yang sedari awal memegang teguh nilai-nilai etika.  Mereka menjaga kepercayaan dan tidak sembarangan dalam berkata-kata, apalagi dalam bertindak.  Mereka menanamkan nilai-nilai luhur etika yang sehat sejak awal perusahaan itu bekerja.  Mereka menjadikan kejujuran, kebersihan, keterbukaan dan integritas menjadi modal yang pertama-tama.

Semoga perusahaan kita dan bisnis kita termasuk di dalam kelompok usaha yang beretika sehingga terus tumbuh dan bermanfaat untuk sesama. •••
*awal Ramadhan 1436 di Jubung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s