Refleksi #1 – Kakek Tua Penyiang Rumput

Posted on Updated on

Pagi ini ada tugas antar ibu mertua ke rumah kakak, sekalian antar anak-anak ke sekolah. Walaupun jalan agak macet, tapi pagi ini cukup teduh karena sang surya agak malu-malu menampakkan diri. Maklum tadi malam hujan cukup deras.
Sesampai di depan rumah kakak, terlihat dari spion seorang kakek tua berjalan mendorong sepeda beserta pikulan barang, sabit dan cangkul. Tubuh tuanya yang berjalan pelan, sesekali berhenti dan ia menoleh ke sekeliling. Sesekali menatap ke bawah, terutama diarahkan ke halaman rumah yang dilewati.
Saat kuparkir mobil dan keluar membantu itu menurunkan barang, di sudut mata kulihat ia berhenti beberapa saat di depan rumah Kami. Ia menatap ke arah rumah dan sesekali ke arahku. Seolah berharap aku mau menggunakan jasanya. Sayangnya, halaman rumah Kakak ditembok dan bagian yang kosongnya dipenuhi kerikil. Sehingga tidak pernah ada rumput yang perlu dibersihkan.
Ketika aku masuk membawakan barang ibu, sepertinya Bapak tua itu pergi dan melanjutkan perjalanan ikhtiarnya pagi itu.
Tiba-tiba muncul perasaan kagum, haru, kasihan dan respek yang amat dalam ke bapak tua itu. Di usianya yang tidak muda, dia tetap menunjukkan keperwiraannya untuk mencari nafkah halal yang thayyib dengan menjajakan jasanya. Bandingkan dengan anak-anak muda segar-bugar yang meminta-minta di perempatan jalan dengan kadang penuh paksa.
Ya Rabb, semoga Engkau Berikan rizki yang halal dan banyak kepada Bapak tua itu di hari-harinya. Cukupkan nafkahnya sehingga dia bisa tenang menggunakan waktu lainnya untuk beribadah kepada-Mu. Aammiin. ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s