Mutiasa Hadits: Jangan Terjerumus 2 Kali

Posted on Updated on

“Laa yuldaghul-mu’minu min juhrin waahidin marratayni”
Rasulullah saw bersabda,”seorang Mukmin tidak boleh terjerumus dua kali dalam satu lubang.”(HR.Muslim dan Ahmad dari Abu Hurairah ra).
Penilaian terhadap Hadits:
Hadits ini dishahihkan as-Suyuthi dalam Al-Jami’ush Shaghir (9985). Dishahihkan pula syaikh Nashiruddin Al-Albani dalam Shahihul Jami'(7779).
Nilai2 Ruhiyah:
Hadits ini mengisyaratkan agar kita mampu mengambil pelajaran dari setiap kesalahan yg kita lakukan, shg kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.
1. Dg kesalahan yg pernah dilakukan, hendaknya seorang Muslim menyadari bhw kesempurnaan hanyalah milik ALLAH, shg ia lebih tawadhu’ di hadapan ALLAH dan seluruh makhluk-Nya. Dg ketawadhu’an inilah justru ia akan mendapatkan kemuliaan di sisi ALLAH dan di mata manusia. Rasulullah saw bersabda,”Barangsiapa merendahkan hati karena ALLAH, niscaya ALLAH akan meninggikannya.”(HR.Abu Nu’aim).
Dg ketawadhu’an inilah berarti ia telah memahami hakikat & hikmah yg besar mengapa seorang hamba melakukan perbuatan dosa. Rasulullah saw bersabda,”Seandainya kamu tdk berbuat dosa, maka aku mngkhawatirkan akan terjadi padamu sesuatu yg lebih parah dari dosa, yaitu bangga diri(sombong).”(Ash-Shahihah: 1382).
2. Dg kesalahan yg pernah dilakukan, hendaknya ia lebih bijaksana & santun dlm mnghadapi kesalahan yg dilakukan orang lain. Rasul saw brsabda,”tdk ada orang yg lebih santun drpd orang yg pernah berbuat salah, dan tdk ada orang yg lebih bijaksana drpd orang yg pernah mengalaminya sendiri.”(HR. Ahmad dan Ibnu Hibban).
3. Hendaknya ia menyadari bhw tanpa rahmat & taufiK dari ALLAH, ia tdk akan dpt keluar dari jerat kesalahan. Karenanya, ia akan senantiasa menjaga dan memperbaiki sikap dan perilakunya agar mendapatkan limpahan rahmat. Dan taufik dari ALLAh. Firman-Nya,”Aku tidak bermaksud kecuali (mendatangkan) perbaikan selama aku masih mampu. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dg (pertolongan) ALLAH. Hanya kepada ALLAH aku bertawakal dan hanya kpd-Nya aku kembali.”(QS.Hud:88). ***

*Ust Eka Hardiana

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s