Jalan Dakwah

Posted on Updated on

Pertama kali yang harus dimiliki seorang da’i ialah pandangan yang jelas terhadap jalan da’wah, mengenal pasti petunjuk-petunjuknya serta seluruh yang terkait dengannya. Ini adalah qadhiyyah paling penting bagi setiap orang yang berjalan di atas jalan da’wah.
Seorang da’i terlebih dahulu harus menumpukan seluruh perhatiannya kepada qadhiyyah ini agar ia memiliki kejelasan jalan sejak langkah pertamanya. Kegunaannya tentu sangat besar, sebagaimana akan dijelaskan nanti.
Bagi seorang akh yang menyeru orang lain supaya berjalan di atas jalan da’wah berkewajiban menjelaskan karakter perjalanan, agar ia memilihnya dengan penuh kesadaran dan kemantapan.
Bagi seseorang yang akan pergi ke satu tempat, wajar kalau ia terlebih dahulu menanyakan jalan menuju tempat tersebut kepada orang yang mengetahuinya. Selain ia berusaha keras mengenal karakter jalan dan segala yang berkait dengannya. Tujuannya tidak lain untuk menghindari ketersesatan dan membuang tenaga dengan sia-sia, tanpa hasil.
Apa lagi bagi orang yang hendak berjalan di atas da’wah. Ia harus konsisten dengan jalan yang dapat mengantarkan ke tujuan luhurnya. Ia harus meminta petunjuk dan penjelasan kepada orang yang terpercaya kejujurannya dan diyakini sangat mengenal karakter jalan da’wah. Agar ia tidak menyimpang dan tidak gentar terhadap kenyataan yang dihadapi yang diluar perhitungan dan pengetahuannya.
Mengapa hal itu sangat diperlukan? Sebab ketiadaan pengetahuan yang jelas terhadap karakter perjalanan tidak jarang menyebabkan seseorang menjadi ragu dan sangsi terhadap keselamatan perjalanannya. Bahkan sering menyebabkan seseorang dilanda kegoncangan yang mengakibatkan terjadinya penyimpangan dan takut meneruskan perjalanan.
Sedangkan orang yang sebelumnya telah mengenal baik karakter perjalanan, tahapan dan segala sesuatu yang akan dihadapinya seperti rintangan, hambatan dan semacamnya akan menambah keteguhan dan kepercayaan ketika ia benar-benar menghadapinya Karena ia merasa dirinya berada di jalan yang benar sesuai dengan petunjuk yang diketahuinya.
Karena itu hendaknya ghayah (tujuan) yang akan dicapai harus jelas sejelas-jelasnya, tanpa ada yang tersembunyi sedikitpun. Kejelasan tujuan ini merupakan dasar qhadiyyah dan orbit keberhasilan dan kemenangan. Allah adalah tujuan kita. Dengan berjalan di atas jalan da’wah kita berusaha mencapai keridhaan-Nya, mencapai kenikmatan dan keselamatan dari api neraka, dalam menyambut seruan Allah SWT.
“Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?
(Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mngetahuinya, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya, sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam surga ‘And. Itulah keberuntungan yang besar.
Dan (ada lagi) karunia lain yang kamu sukai (yaitu) pertolongan Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). Dan sampaikanlah berita gembira ini kepada orang-orang yang beriman (Al-Shaff: 10-13).
Siapa yang menginginkan keuntungan duniawi, kedudukan atau pangkat, tempuhlah jalan selain jalan da’wah. Jalan da’wah hanya mnghendaki orang yang berani menempuh perjalanan, bersedia mengerahkan tenaga, bersiap mengorbankan jiwa, harta dan segala yang dimilikinya berupa waktu, tenaga, kesehatan, ilmu dan lain-lainnya semata-mata untuk mencari keridhaan Allah SWT. Konsekuensinya, setiap da’i harus terus menerus mengikhlaskan niat dan memberantas penyakit-penyakit hati yang merusakkan dan menyia-nyiakan amal serta menjauhkannya dari barisan shiddiqun mukhlisun (orang-orang jujur dan ikhlas).
Selain kejelasan tujuan, seorang da’i juga harus memiliki kejelasan sasaran yang akan dicapai. Termasuk jauh, besar atau luasnya sasaran termaksud serta tahapan pencapaiannya. Juga berupa waktu, tenaga, kesungguhan dan pengorbanan yang diperlukannya.
(Min Fiqhi ad-Da’wah, karya Syaikh Mushthafa Masyhur)

*Ust Eka Hardiana

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s