Tarbiyyah Ruhaniyyah

Posted on Updated on

Rasulullah saw menyiapkan generasi awal Islam lewat tarbiyyah ruhaniyyah yang mantap. Turunnya surat Al-Muzzamil pada awal periode Mekah mengisyaratkan betapa kuatnya persiapan tarbiyyah ruhaniyyah saat itu. Setelah mengokohkan akidah, proses tazkiyatun-nafs (pembersihan jiwa) berjalan efektif. Di sinilah rupanya rahasia tarbiyyah Islamiyah fase Mekah, sebagaimana saratnya Al-Muzammil dengan nilai-nilai ruhanIyah:

“Hai orang yang berselimut (Muhammad)! Bangunlah (untuk shalat) di malam hari, kecuali sedikit dari padanya (yaitu) seperduanya atau kurang sedikit dari itu, atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah al-Qur’an dengan tartil. (Al-Muzzammil:1-4)”

Sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadahlah kepadanya dengan penuh ketekunan. (Dialah) Tuhan masyriq dan maghrib, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, maka ambillah Dia sebagai pelindung. Dan bersabarlah terhadap apa yang mereka ucapkan dan jauhilah mereka dengan cara yang baik.(Al-Muzzammil:8-10)”

Dr. Abdullah Nasih Ulwan dalam kitab Ruhaniyatud Da’iyah menjelaskan posisi ruhaniyyah sebagai berikut, “Kini kita akan menuju terminal di mana Anda bisa menghirup napas keimanan dan menambah bekal ketakwaan. Di sana jiwa Anda akan memantulkan pancaran ruhani, Anda akan menjadi seorang yang shaleh, seorang insan yang penuh keikhlasan. Bahkan tatkala Anda melanjutkan perjalanan, langkah akan terasa lebih ringan , kata-kata akan berpengaruh, tingkah laku akan menjadi teladan, penampilan menjadi penuh daya tarik, serta sorotan mata Anda akan memancarkan semangat dan optimisme.” ***

*Ust Eka Hardiana

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s