Di saat Harus Memilih…

Posted on

Hidup adalah pilihan.  Begitu kata orang bijak.  Walaupun dalam hidup ada area-area yang “given”.  Bahkan “given paradox” juga ada🙂.

Area “given” adalah area Takdir yang Allah Berikan kepada kita.  Sedangkan area “pilihan” adalah area di mana kita dianjurkan untuk berikhtiar.  Dan sebelum takdir itu menghampiri kita, Allah Memberi kita keleluasaan sebesar-besarnya untuk berikhtiar.

Sebagian dari takdir yang kita terima adalah sebagai akibat dari ikhtiar yang kita lakukan dan itulah yang disebut sunatullah.  Atau dalam khasanah sains dikenal sebagai hukum alam.

Pada saat yang sama, pilihan-pilihan hidup itu juga tidak selamanya antara yang “baik” dan yang “buruk”.  Ada pilihan yang “baik” dengan yang “baik”.  Bahkan ada pilihan antara yang “buruk” dengan yang “buruk”.  Yang lebih parah lagi saat kita tidak tahu yang mana “baik” yang mana “buruk”.  Oleh karena itu pilihan juga perlu pengetahuan, dan inilah yang disebut dengan keterampilan hidup (life skill).

Saat ini, aku dihadapkan pada PILIHAN itu.  Dan, walaupun telah berteori seperti di atas, tetaplah MEMILIH itu perlu KETERAMPILAN dan JAM TERBANG…  Semoga pilihanku tidak meleset Ya, Rabb!  حسبي الله ونعم الوكيل…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s