Uban…

Posted on Updated on

Dalam 3 bulan terakhir, percepatan jumlah uban di kepala ini cukup mencengangkan. Tanpa ba-bi-bu lagi, berondongan serangan uban di kepala ini cukup dahsyat *lebay.  Kepala yang dulu berambut hitam lebat ini di sebelah kanan mulai memutih. di sebelah kiri mulai mengikuti jejak wilayah kanan. satu-dua uban mulai berani tampil di permukaan.  Seiring dengan itu, sedikit kerontokan hadir.

Dalam usia 35 tahun sodara-sodara….

Hmmm.. Sebagian orang ada yang tidak nyaman dengan ubannya sampai blingsatan.  Sebagian lainnya biasa-biasa saja.  Awalnya saya pilih yang pertama. Tapi pikiran mendadak berubah setelah membaca hadits ini:
“Tidaklah seorang muslim tumbuh ubannya karena ………………, melainkan Allah tulis untuknya satu kebaikan….” (HR Abu Dawud).
Masalahnya… ☺ titik-titik di atas belum diisi. Penyebab ubannya mendatangkan kebaikan atau -dalam hadits lain- “mendapatkan cahaya di hari kiamat” harus terpenuhi dulu: “karena memikirkan Islam”
Itu sebenarnya yang mendatangkan pertanyaan sekarang: “apakah ubanku ini karena memikirkan Islam atau justeru karena memikirkan dunia???”. Dalam batin yang pelan-pelan terisak kusadari kelemahan ini.

Rabb, aku memohon ampun kepada-Mu. Berikanlah waktu diri ini untuk memperbaiki segala kelemahan dan kecintaan akan dunia. Hasbunallahu wani’mal wakiil ni’mal maula wa ni’mannashiir… ***

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s